PENGACARA BANJAR NEGARA 0822 2415 0335) Perbedaan Laporan dan Pengaduan di Kepolisian

Sebaik baik manusia adalah yang berguna dan manfaat bagi orang lain. Disini kami ingin sedikit berbagi pengetahuan untuk masyarakat awam dibidang ilmu hukum. Banyak istilah hukum yang didengar setiap hari namun sulit untuk dibedakan (bagi sebagian masyarakat) misalkan salah satu contoh LAPORAN DAN PENGADUAN (dalam tindak pidana). Bagi sebagian orang masih sulit membedakan yang mana kategori Laporan dan Pengaduan. Bahkan parahnya sebagian sarjana hukum maupun aparat kadang masih salah menempatkan kedua DELIK tersebut. Maka dari itu kami mencoba berbagi sdkit ilmu pengetahuan guna mengedukasi.

1. Laporan.
Pengertian laporan menurut Pasal 1 butir 24 KUHAP adalah “Pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang undang kepada pejabat yang berwenang tantang telah atau sedang atau diduga akan terjadi peristiwa pidana.

✓ Siapakah yang memiliki kewajiban melapor?
Menurut Pasal 108 KUHAP, sebagai berikut:
"Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan/atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak mengajukan laporan kepada penyelidik dan/atau penyidik baik lisan maupun tertulis".

✓ Dimana seharusnya Melapor?
Menurut Pasal 108 ayat (1), (2) dan (3) KUHAP yaitu”laporan baik lisan maupun tertulis harus dilaporkan atau disampaikan kepada Polisi selaku Penyelidik/penyidik tunggal untuk tindak pidana umum”.

2. Pengaduan.
Menurut Pasal 1 butir 25 KUHAP, bahwa yang dimaksud dengan pengaduan adalah “Pemberitahuan disertai permintaan oleh pihak yang berkepentingan kepada pejabat yang berwenang untuk menindak menuntut hukum seseorang yang telah melakukan tindak pidana aduan yang merugikannya”.

PENGADUAN sendiri dibagi atas dua yaitu Pengaduan Absolut dan Pengaduan Relatif.

✓ Tindak Pidana Aduan Absolut
Tindak pidana aduan absolut adalah tindak pidana yang tidak dapat dituntut, apabila tidak ada pengaduan dari pihak korban yang dirugikan. Perkaranya tidak dapat dipisah pisahkan. Contoh pasal 284 KUHP dan pasal lainnya.

✓ Tindak Pidana Aduan Relatif
Delik ini hanya delik biasa, akan tetapi akan menjadi delik aduan apabila dilakukan dalam lingkungan keluarga sendiri. Perkaranya dapat dibelah. Contohnya Pasal 367 KUHP dan pasal lainnya.

Dengan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan perbedaan LAPORAN dan PENGADUAN menurut KUHAP:
1. Laporan dapat dilakukan oleh siapa saja dapat melaporkan, dan semua tindak kejahatan atau tindak pidana.
2. pengaduan hanya dapat dilakukan pelaporan oleh orang orang tertentu yang disebut dalam UU dan dalam kejahatan tertentu.

Demikian perbedaan Laporan dan Pengaduan terdapat dalam KUHP, semoga penjelasan singkat di atas bermanfaat.

Apabila anda menghadapi permasalahan terkait dengan RumahHukum DIWILAYAH HUKUM WONOSOBO, BANJARNEGARA, BATANG, BLORA kami siap membantu memberikan bantuan hukum baik Konsultasi maupun kuasa hukum.

Kami Kantor Hukum / Advokat / Pengacara dan Konsultan Hukum MOH FADLY, SH.,MH & Rekan siap membantu menyelesaikan atau menjadi kuasa hukum bagi masyarakat yang sedang berproses di pengadilan maupun diluar pengadilan (Nonlitigasi), anda dapat menghubungi kami atau datang langsung pada kantor kami:

www.kantorpengacara-mf.com

Kontak :

  • SMS / Telpon / WA : 0822 2415 0335
  • E-mail : moh.fadly85@ymail.com